;

Abstrak


Analisis Energi dan Fungsi Gelombang untuk Partikel dengan Variabel Massa yang Dipengaruhi Potensial Shape Invariant dalam Koordinat Toroidal


Oleh :
Suci Faniandari - S911808011 - Sekolah Pascasarjana

Persamaan Schrodinger diusulkan dalam fisika teoretis untuk mendapatkan informasi dan perilaku suatu sistem partikel. Solusi dari persamaan Schrodinger diselidiki dalam ruang-waktu dengan topologi nonspherical di dalam pengaruh potensial   Yukawa,   potensial   Woods-Saxon   termodifikasi   plus   Eckart,   dan potensial Rosen Morse plus Poschl Teller. Metode Supersymmetric Quantum Mechanics (SUSY QM) digunakan untuk menyelesaikan persamaan Schrodinger dari partikel dengan variabel massa dalam koordinat toroidal. Solusi ini digunakan untuk  mendapatkan  nilai  eigen  energi  nonrelativistik  dan  fungsi  gelombang sistem. Persamaan Schrodinger di bagian angular, azimuthal, dan radial diselesaikan secara analitik dan numerik serta diterapkan pada kondisi beberapa jenis molekul. Nilai eigen energi dan fungsi gelombang untuk tingkat dasar dan pertama yang tidak ternormalisasi dapat diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai energi dan fungsi gelombang dipengaruhi oleh bilangan kuantum, parameter potensial, dan konstanta pemisahan variabel. Properti ini dapat digunakan  untuk  mendapatkan  informasi  lebih  lanjut  mengenai  sifat termodinamika sistem serta digunakan sebagai titik awal untuk menyelesaikan sistem sejenis yang memiliki kondisi dan potensial geometris yang sama.

Kata   kunci:   persamaan   Schrodinger,   koordinat   Toroidal,   variabel   massa, potensial Yukawa, potensial Modified Woods-Saxon plus Eckart, potensial Rosen Morse plus Poschl Teller, SUSY QM.