;

Abstrak


Efek Ekstrak Etanol Propolis Gunung Lawu Terhadap Ekspresi Myeloperoxidase pada Tikus Putih Model Rinosinusitis Akut yang Diinduksi Eschericia Coli


Oleh :
Andhika Septarini - S921702001 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang : Rinosinusitis akut adalah proses inflamasi mukosa hidung dan sinus paranasal yang mempunyai prevalensi tinggi serta dapat berpengaruh pada kualitas hidup penderitanya. Rinosinusitis dapat disebabkan akibat infeksi virus dan bakteri baik gram positif maupun negative. Sampai saat ini antibiotik masih menjadi terapi utama rinosinusitis, tetapi efektivitas nya masih menjadi kontroversi dan berisiko terjadinya resistensi bakteri. Oleh karena itu diperlukan terapi alternatif lain yang relatif aman untuk tatalaksana rinosinusitis.
Tujuan : Mengetahui efek ekstrak etanol isolate propolis Gunung Lawu terhadap ekspresi Myeloperoxidase pada tikus putih model rinosinusitis akut yang diinduksi Eschericia coli.
Metode : Penelitian  ini memakai rancangan eksperimental post-test only control group design dengan sampel 40 ekor tikus putih jantan (Rattus norvegicus) galur Sprague-Dawley dibagi menjadi lima kelompok perlakuan yaitu kelompok P1 (kontrol), P2 (model tikus rinosinusitis akut), P3 (model tikus rinosinusitis akut+amoksisilin 200mg), P4 (model tikus rinosinusitis+propolis 100mg/kgBB), P5 (model tikus rinosinusitis+propolis 200mg/kgBB). Sampel diadaptasikan 7 hari di laboratorium dan diberi pakan standar. Hari ke 8 diinduksi dengan E.coli intranasal kanan dan kiri serta intraperitoneal masing-masing 0,1 ml dengan konsentrasi 3x109 colony forming unit/ml selama 28 hari. Hari ke 29-42 kelompok P3, P4, P5 diberikan amoksisilin dan propolis. Hari ke 43 tikus dimatikan dan periksa gambaran histopatologi mengukur ekspresi Myeloperoxidase.
Hasil : Pada penelitian ini didapatkan hasil kelompok perlakuan dengan mean tertinggi terhadap ekspresi Myeloperoxidase adalah kelompok kontrol infeksi (P2). Kelompok perlakuan dengan ekstrak etanol propolis 200mg/kgBB mempunyai mean terendah. Ekstrak etanol isolate propolis Gunung Lawu 200 mg/kgBB terbukti dapat menurunkan ekspresi Myeloperoxidase secara signifikan dengan nilai p=0,002<0>Kesimpulan : Propolis dapat menurunkan secara signifikan ekspresi Myeloperoxidase pada mukosa hidung dan sinus paranasal tikus model rinosinusitis akut

Kata Kunci : Rinosinusitis akut, propolis, myeloperoxidase