Abstrak


Sistem Informasi Permohonan Penelitian Bukti Penyetoran Pajak Penghasilan Dari Pengalihan Hak Atas Tanah dan/ atau Bangunan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali


Oleh :
Indah Putri Yulianti - D1517039 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui secara menyeluruh bagaimana Sistem Informasi Permohonan Penelitian Bukti Penyetoran Pajak Penghasilan dari Pengalihan Hak atas Tanah dan/ atau Bangunan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali. Sistem informasi merupakan suatu sistem yang dibutuhkan oleh organisasi dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya dengan menggabungkan beberapa komponen seperti prosedur, manusia, dan teknologi untuk mencapai tujuan organisasi. Sistem informasi permohonan penelitian bukti penyetoran pajak penghasilan dari pengalihan hak atas tanah dan/ atau bangunan merupakan suatu sistem yang dirancang untuk membantu pegawai melaksanakan tugasnya dalam proses penelitian bukti penyetoran pajak penghasilan dari Pengalihan Hak atas Tanah dan/ atau Bangunan agar lebih efektif dan efisien. 
Jenis pengamatan yang digunakan adalah observasi berperan. Observasi berperan yaitu cara khusus dan peneliti tidak bersifat pasif sebagai pengamat, tetapi memainkan peran yang dimungkinkan dalam situasi yang berkaitan dengan penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang diperoleh adalah dari wawancara melalui narasumber atau informan, observasi pada saat pelaksanaan magang, dan dokumentasi. 
Dari hasil pengamatan yang dilakukan di kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali, dapat diketahui bahwa sistem informasi permohonan penelitian bukti penyetoran pajak penghasilan dari pengalihan hak atas tanah dan/ atau bangunan dimulai dari memasukkan syarat-syarat dari data pemohon sebagai input, menjalankan melalui aplikasi merupakan proses, dan sebagai ouput adalah surat keterangan penelitian formal bukti pemenuhan kewajiban penyetoran pajak penghasilan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pajak Penghasilan, Pengalihan Tanah dan Bangunan