Abstrak


Sistem Administrasi Pelayanan Pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) ULP Rayon Ponorogo Distribusi Jawa Timur


Oleh :
Mahardika Alya Pradana - D1517050 - Sekolah Vokasi

Administrasi merupakan hal yang sangat penting dalam mencerminkan bagus tidaknya perusahaan. Suatu perusahaan dapat menjalankan usahanya apabila perusahaan tersebut memiliki administrasi yang baik, baik didalam internal kantor maupun dalam pelayanan kepada pelanggan. Pengamatan dilakukan di PT PLN (Persero) ULP Rayon Ponorogo Distribusi Jawa Timur untuk mengetahui bagaimana sistem administrasi pelayanan pada PT PLN (Persero) ULP Rayon Ponorogo Distribusi Jawa Timur dengan menggunakan AP2T (Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu).
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti secara sistematis. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan mengkaji dokumen.
Sistem administrasi pelayanan pada PT PLN (Persero) ULP Rayon Ponorogo Distribusi Jawa Timur menerapkan sistem administrasi menggunakan aplikasi AP2T (Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu), Terdapat langkah – langkah dalam melakukan administrasi pelayanan, yaitu pengajuan pendaftaran, pada pengajuan pendaftaran pelanggan bisa datang langsung ke kantor PLN atau bisa melalui telefon dan website PLN. Langkah kedua adalah verifikasi yang fungsinya untuk memeriksa kebenaran dokumen dari pelanggan. Langkah ketiga, data yang berupa dokumen dari pelanggan akan diinput ke dalam AP2T dan akan diolah yang hasilnya adalah file yang ada didalam sistem komputer.

Kata Kunci : sistem administrasi, pelayanan, PT PLN ULP Rayon Ponorogo Distribusi Jawa Timur.