Abstrak


Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku Jenis Kayu Log Sengon Melalui Aplikasi E-Rawmat Pada PT Dharma Satya Nusantara Tbk. Plan Temanggung


Oleh :
Sekar Arum - D1517080 - Sekolah Vokasi

PT Dharma Satya Nusantara tbk. Plan Temanggung bertugas memproduksi produk kayu jenis sengon,jabon,dan meranti untuk dijadikan dua jenis produk yaitu panel dan engineered floring. Dari tuntutan proses produksi, perusahaan menggunakan sistem digital dalam kegiatan pembelian bahan baku yang bertujuan memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu. Pengamatan dalam Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku Jenis Kayu Log Sengon Melalui Aplikasi e-RawMat Pada PT Dharma Satya Nusantara.

Dalam penulisan laporan ini dilakukan dengan pengamatan dan komunikasi secara langsung terhadap sumber data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi partisipatif, mengkaji dokumen atau arsip, dan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil pengamatan sistem pembelian bahan baku jenis kayu log sengon menggunakan berbagai sumber daya pendukung didalamnya, yang mencangkup komponen sistem informasi, sistem operasi menggunakan aplikasi e-RawMat, pemakai sistem, prosedur, data alfanumerik dan gambar, beserta dukungan jaringan. Proses pembelian bahan baku yang terjadi terdapat beberapa hambatan dalam ketidakpastian status pemesanan bahan baku dan beberapa dokumen yang tidak tertata dengan rapi.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pembelian, Bahan Baku, Kayu Log Sengon