Abstrak


Desain Interior Ekstensi Terminal Tirtonadi Dengan Konsep Green Architecture


Oleh :
Muhammad Kafka Nazzala - C0815027 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Kota Solo merupakan kota yang terus bertumbuh di segala sektor, Sebagai kota yang sedang bertumbuh, Kota Surakarta mempunyai peran yang cukup strategis. Dilihat dari sisi transportasi, Kota Surakarta juga merupakan simpul arus transportasi dari Barat ke Timur. 

Keuntungan dari lokasi yang dimiliki ini menjadikan Kota Surakarta akan terus berkembang sebagai arus transportasi dan jasa distribusi. Saat ini sarana transportasi darat di Kota Surakarta dilayani oleh satu terminal dan tiga stasiun. Antara lain adalah Terminal Tirtonadi. 

Perlunya perancangan perluasan terminal di kawasan Tirtonadi yang diharapkan mampu menunjang keterpaduan antar terminal dan moda transportasi lain serta mencakup penumpang dengan kelas yang berbeda. Sesuai dengan persyaratan terminal bus tipe A dan dengan fasilitas yang dapat menunjang pelayanan pengguna jasa terminal. Yang bersifat terbuka, kontekstual dengan lingkungan, dan mampu merespons lingkungan dengan segala potensi yang ada dengan menampilkan bentuk yang mudah diterima oleh masyarakat, ramah lingkungan, dan berwawasan lingkungan sehingga dapat merespons keadaan site lokasi dan tradisi budaya lokal.

 

Kata kunci : Terminal, Transportasi Umum, Green Architecture