Abstrak


Proses Pembelajaran Pembuatan Karya WPAP (Wedha’s Pop Art Potrait) di Grup Facebook “Belajar WPAP Yuk”


Oleh :
Dita Yulia Larasati - K3216019 - Fak. KIP

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Proses pembelajaran pembuatan WPAP yang terjadi di dalam grup “BELAJAR WPAP YUK” (2) Keefektifan dalam proses pembelajaran pembuatan karya WPAP (3) Hasil visualisasi karya WPAP yang dibuat anggota dengan tinjauan kemiripan karakter objek wajah di grup “BELAJAR WPAP YUK”.
Penelitian ini dilaksanakan di media sosial facebook dengan menggunakan grup yang bernama “Belajar WPAP Yuk”. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus tunggal. Sumber data informan tentor dan anggota grup “Belajar WPAP Yuk” sebagai berikut: Dendi, Nabil, Aditya, dan Dhoni. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: wawancara mendalam, pengamatan, analisis dokumen/arsip, teknik sampling purposive sampling. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan review informan. Data yang diperoleh dengan metode tersebut, disusun dengan urutan masalah, kemudian dianalisis  menggunakan model interaktif, model Miles dan Huberman.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian berupa : (1) Proses pembelajaran yang terjadi di dalam grup “Belajar WPAP Yuk” dilaksanakan melalui media sosial facebook. Proses pembelajaran ini bersifat diskusi dan sharing antara anggota dan senior atau tentor dalam hal WPAP, sehingga layaknya tutor sebaya dan tentor memberikan arahan dan bimbingan kepada anggota yang sedang belajar. Proses pembelajarannya secara daring terstruktur sesuai dengan pola pegguna atau anggota masing-masing, dan terdapat komponen pembelajaran seperti pendidikan formal. materi yang disediakan oleh senior atau tentor berupa tutorial seputar WPAP secara lengkap, dengan begitu memudahkan para anggota grup “Belajar WPAP Yuk” belajar secara mandiri melalui tutorial yang sudah disediakan. Kedisiplinan anggota memiliki peran penting pada proses pembelajaran ini, agar mencapai tujuan pembelajaran yang menghasilkan karya WPAP yang baik sesuai dengan pakem pada karya WPAP. (2) Keefektifan dalam proses pembelajaran pembuatan karya WPAP tergolong efektif, dengan menghasilkan anggota yang aktif dalam proses pembelajarannya dan anggota kurang lebih satu bulan dapat menghasilkan WPAP yang baik dan benar (3) Visualisasi hasil karya WPAP yang dibuat anggota grup “Belajar WPAP Yuk” secara keseluruhan karya yang dihasilkan sudah baik dalam mengolah WPAP dengan benar sesuai dengan tinjauan kemiripan karakter objek wajah dan sesuai pakem pada karya WPAP.

Kata kunci : Proses pembelajaran, WPAP, Karya WPAP.