Abstrak


Pembelajaran Batik Tulis pada Penyandang Disabilitas di Workshop Sriekandi Patra Desa Tawangsari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali


Oleh :
Jumalia Ulkasanah - K3216031 - Fak. KIP

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  Mengetahui  pembelajaran  batik  tulis pada  penyandang  disabilitas  di  Workshop  Sriekandi  Patra Kabupaten  Boyolali pada  tahun  2020  yang  meliputi  input  pembelajaran,  komponen  Pembelajaran, faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pembelajaran. (2) Mengetahui  hasil karya batik tulis penyandang disabilitas di Workshop Sriekandi Patra  Kabupaten  Boyolali  pada  tahun  2020  ditinjau  dengan  Kritik  Pendidikan serta dihubungkan dengan kondisi disabilitas mereka meliputi disabilitas cerebral palsy, disabilitas daksa, disabilitas wicara, dan disabilitas rungu wicara.
Penelitian   ini  menggunakan   metode   pendekatan   deskriptif   kualitatif. Strategi penelitian dengan strategi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang dipakai yaitu sumber data primer yaitu informan, tempat dan peristiwa,  sumber data sekunder yaitu dokumen/arsip. Pengambilan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan  data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen atau arsip. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber  dan  review  informan.   Analisis   data  menggunakan   model   interaktif meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Prosedur penelitian   dengan   tahap   persiapan,   pengumpulan   data,   analisis   data,   dan penyusunan laporan penelitian/ skripsi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) Pendidik dan peserta didik meliputi  disabilitas  cerebral  palsy,  daksa,  wicara,  dan  rungu  wicara.  Sarana prasarana  meliputi fasilitas gedung, fasilitas disabilitas,  fasilitas alat dan bahan ajar.  Tujuan  pembelajaran  sebagai  pemberdayaan  penyandang  disabilitas  dan pusat edukasi disabilitas. Materi teori serta praktik mengenai batik tulis. Metode dengan ceramah dan demonstrasi/ latihan. Media visual dan audio visual. Sumber belajar dari buku, internet, dan pengalaman dari pelatih. Evaluasi pembelajaran dengan pencatatan  di buku mengenai perkembangan  peserta didik berupa kritik pesan, kesan, dan saran. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran karena kondisi psikis   yang   disebabkan   oleh   keterbatasan   fisik.   Kondisi   lingkungan   serta kebutuhan  instrumental  dalam  memenuhi  kebutuhan  dalam  pembelajaran.  (2) Hasil  karya batik tulis peserta didik dengan disabilitas  yang beragam  terutama pada proses desain dan proses mencanting sangat bervariasi mulai dari pengembangan motif flora serta fauna. Motif batik tulis yang dihasilkan diperoleh dari hasil eksplorasi  pelatih, pengurus,  serta peserta didik sesuai dengan kreasi masing-masing  peserta. Proses pembuatan batik tulis hanya sampai pada proses mencanting.

Kata   kunci   :  Pembelajaran,  Batik  Tulis,  Penyandang  Disabilitas,  Workshop
Sriekandi Patra.