Abstrak


Penerapan Model Discovery Learning dengan Tugas Mandiri Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIPA 3 SMA N 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2017/2018


Oleh :
Dhylan Widya Cahya Dewa - K3313022 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning (DL) dengan tugas mandiri mind mapping pada materi hukum dasar bagi siswa kelas X MIPA 3  SMA N 1 Mojolaban, (2) prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning (DL) dengan tugas mandiri mind mapping pada materi hukum dasar bagi siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Mojolaban.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang yang dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus mempunyai empat tahapan tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 yang terdiri dari 35 siswa. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan guru dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa: (1) Penerapan model Discovery Learning (DL) dengan tugas mandiri Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan aktivitas siswa pada materi hukum dasar kimia  di kelas X MIPA 3 SMA N 1 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018. Terlihat dari hasil pelaksanaan tindakan siklus I ketercapaian siswa dengan kategori aktivitas tinggi meningkat sebesar 20?ri 48,57% menjadi 68,57% pada siklus II. (2) Penerapan model Discovery Learning (DL) dengan tugas mandiri Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hukum dasar kimia di kelas X MIPA 3 SMA N 1 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018. Aspek kognitif siswa meningkat dari 49% pada siklus I menjadi 71% pada siklus II. Ketercapaian aspek afektif pada siklus I sebesar 68,57% meningkat menjadi 82,86% pada siklus II.

Kata Kunci: Discovery Learning (DL), Mind Mapping, Hukum Dasar Kimia, Aktivitas Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Prestasi Belajar