Abstrak


Analisis Komponen Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) dalam Sajian Buku Ajar Kimia SMA pada Materi Asam Basa di Kota Surakarta


Oleh :
Icha Desti - K3316021 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Komponen Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Sajian Buku Ajar Kimia SMA pada Materi Asam Basa di Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis isi atau mendeskripsikan komponen STEM dari buku ajar Kimia kelas XI pada materi asam basa. Subjek penelitian adalah buku ajar kimia kelas XI yang beredar di Kota Surakarta dari penerbit yang berbeda yang berjumlah 3 buku. Sumber data berasal dari peneliti dan guru kimia. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik analisis isi (content analysis). Validitas instrumen menggunakan metode Gregory, sedangkan validitas isi menggunakan teknik triangulasi antar peneliti. Analisis data menggunakan persentase perbandingan jumlah kemunculan indikator per komponen dengan jumlah komponen total, sedangkan analisis antar rater dengan metode interkorelasi. Prosedur penelitian ini dimulai dengan melakukan deskriptif statistik setiap variabel, kemudian melakukan pembahasan hingga memperoleh suatu kesimpulan.
Hasil analisis dari kesesuaian indikator literasi STEM dengan ketiga buku ajar kimia SMA pada materi asam basa di dapatkan persentase untuk setiap buku, yaitu pada buku A memiliki komponen Science sebesar 35%, komponen Technology sebesar 22%, komponen Engineering sebesar 13%, dan komponen Mathematics sebesar 30%; pada buku B memiliki komponen Science sebesar 29%, komponen Technology sebesar 27%, komponen Engineering sebesar 12%, dan komponen Mathematics sebesar 32%; pada buku C memiliki komponen Science sebesar 35%, komponen Technology sebesar 10%, komponen Engineering sebesar 25%, dan komponen Mathematics sebesar 30%. Jika dibandingkan dari total kemunculan indikator literasi STEM, urutan buku ajar yang memenuhi komponen STEM yaitu pada buku Buku B > buku A > buku C. Dengan demikian, buku B memiliki jumlah komponen STEM yang paling banyak.

Kata kunci: Pembelajaran kimia, STEM, keterampilan abad 21, buku ajar kimia, asam basa