Abstrak


Analisis Representasi Kimia dan Literasi Sains pada Buku Teks Kimia Kelas X SMA Negeri di Surakarta


Oleh :
Niken Sholihah Aly - K3316044 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterpenuhan kriteria representasi kimia dan kategori literasi sains pada buku teks kimia Kelas X yang digunakan di SMA Negeri di Surakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis kriteria representasi kimia dan kategori literasi sains pada buku teks kimia kelas X SMA Negeri di Surakarta. Buku teks kimia kelas X yang dipilih dengan teknik purposive sampling merupakan buku teks kimia yang digunakan oleh SMA Negeri di Surakarta yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada Kurikulum 2013, yaitu Erlangga (A), Tiga Serangkai (B), dan Bumi Aksara (C). Kriteria representasi kimia terdiri dari lima kriteria yaitu jenis representasi, fitur representasi, keterkaitan dengan teks, ada atau tidaknya keterangan gambar, dan derajat keterhubungan antara level-level representasi. Sedangkan kategori literasi sains terdiri dari empat kategori yaitu pengetahuan sains, penyelidikan hakikat sains, sains sebagai cara berpikir, dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat.
Hasil keterpenuhan kriteria representasi kimia pada ketiga buku teks kimia kelas X menunjukkan buku A dan buku B didominasi jenis representasi simbolik dengan persentase 70,37?n 56,10%. Buku C didominasi oleh jenis representasi submikroskopik sebesar 48,78%. Fitur representasi semua buku teks bersifat eksplisit dengan persentase 51,85% buku A, 100% buku B, 97,56% buku C. Keterkaitan representasi hampir sepenuhnya terkait dan terhubung dengan teks sebesar 85,19% buku A, 87,80% buku B, 78,05% buku C. Hasil keterpenuhan kategori literasi sains pada ketiga buku teks didominasi kategori pengetahuan sains buku A sebesar 81,05%, buku B 46,84%, buku C 60,78%. Kategori penyelidikan hakikat sains buku A 2,11%, buku B 20,25%, buku C12,75%. Kategori sains sebagai cara berpikir buku A 14,74%, buku B 30,38%, buku C 25,49%. Kategori interaksi  sains,  teknologi,  dan  masyarakat  memiliki  persentase masing-masing sebesar 2,11% buku A, 2,53% buku B, dan 0,98% buku C.

Kata kunci: Representasi Kimia, Literasi Sains, Buku Teks Kimia