Abstrak


Kajian Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Secara Online Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Rizka Intansari - K3316059 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan fasilitas, kesiapan guru kimia, dan keterlaksanaan pembelajaran kimia secara online selama pandemi Covid-19 di SMAN se-Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kimia di 9 Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Fasilitas pembelajaran online yang dimiliki oleh guru kimia sudah terpenuhi dengan baik yaitu 100% guru sudah memiliki fasilitas dan 94,7% guru sudah mengenal aplikasi pembelajaran online. Sedangkan fasilitas pembelajaran online yang dimiliki oleh siswa kurang terpenuhi dengan baik yaitu hanya 10,5% siswa yang memiliki fasilitas penunjang dan tidak mengalami kesulitan dalam mengakses internet. (2) Kesiapan guru kimia dalam melaksanakan pembelajaran secara online sudah baik yaitu semua guru bersedia membantu siswa yang kesulitan belajar kimia dari rumah dan 94,7% guru melakukan persiapan dalam penyajian materi kimia. (3) Keterlaksanaan pembelajaran kimia secara online sudah berjalan dengan baik dimana dapat dilihat dari 68,4% guru mempersiapkan RPP dan 89,5% guru mempersiapkan metode dalam pembelajaran kimia secara online.

Kata Kunci: Kimia, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Kimia, Pembelajaran Online.