Abstrak


Analisis Aspek Diksi dan Relasi Makna pada Teks Berita Berbahasa Jawa dalam Majalah Djaka Lodang Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Menelaah Teks Pawarta Kelas X di SMA


Oleh :
Nur’aini Sitowati - K4214037 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) bentuk jenis-jenis kata pada aspek diksi yang terdapat pada teks berita berbahasa Jawa dalam majalah Djaka Lodang, (2) bentuk relasi makna kata yang terdapat pada teks berita berbahasa Jawa dalam majalah Djaka Lodang, dan (3) relevansi penggunaan teks berita berbahasa Jawa dalam majalah Djaka Lodang sebagai materi ajar menelaah teks pawarta kelas X di SMA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode analisis isi. Data pada penelitian ini berupa data aspek diksi dan relasi makna yang terdapat pada teks berita berbahasa Jawa dalam majalah Djaka Lodang. Sumber data pada penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian berupa analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian melalui tiga tahap yang terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyusunan.
Hasil dari penelitian ini yakni sebagai berikut. (1) Aspek diksi yang terdapat pada teks berita berbahasa Jawa dalam majalah Djaka Lodang terdiri dari kata umum, kata khusus, kata abstrak, kata konkret, kata indra, dan kata serapan. Penggunaan diksi yang dominan adalah kata serapan dengan jumlah data sebanyak 60 data dengan persentase 37,5%. (2) Relasi makna yang terdapat pada teks berita berbahasa Jawa dalam majalah Djaka Lodang terdiri dari sinonim, antonim, polisemi, dan hiponim. Penggunaan relasi makna yang dominan adalah sinonim dengan jumlah data sebanyak 22 data dengan persentase 48,9%. (3) Teks berita berbahasa Jawa dalam majalah Djaka Lodang sesuai jika digunakan sebagai materi ajar menelaah teks pawarta kelas X di SMA. Hal ini sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah ditentukan dalam pembelajaran bahasa Jawa khususnya dalam menelaah teks pawarta pada kelas X di SMA.

Kata kunci: Teks Berita, Aspek Diksi, Relasi Makna, Materi Ajar.