Abstrak


Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti pada Crita Cekak Majalah Panjebar Semangat dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar di SMA


Oleh :
Intan Devi Avikasari - K4216036 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik dalam crita cekak pada majalah Panjebar Semangat; (2) unsur psikologi tokoh utama dalam crita cekak pada majalah Panjebar Semangat; (3) nilai pendidikan budi pekerti dalam crita cekak pada majalah Panjebar Semangat; dan (4) relevansi crita cekak pada majalah Panjebar Semangat sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada majalah Panjebar Semangat. Populasi penelitian adalah majalah Panjebar Semangat edisi tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pedekatan psikologi sastra. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik sampling yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu teknik analisis dokumen, teknik kapustakan, dan wawancara. Teknik yang digunakan untuk uji validitas adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) unsur instrinsik dalam crita cekak majalah Panjebar Semangat yang meliputi tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat; (2) unsur psikologi sastra dalam majalah Panjebar Semangat yang meliputi id, ego, superego, dan kramadangsa dari tokoh utama; (3) nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam crita cekak majalah Panjebar Semangat meliputi nilai religius, sosial, gender, kejujuran, kemandirian, kerja keras, tangung jawab, dan perduli terhadap lingkungan; serta (4) crita cekak dalam majalah Panjebar Semangat dapat dijadikan sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMA karena relevan dengan KD yang ada dalam kurikulum 2013, penggunaan bahasa yang ringan sehinga mudah dipahami oleh peserta didik pada jenjang SMA, dan bermuatan nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang dapat dijadikan motivasi bagi peserta didik.

Kata Kunci: crita Cekak, Psikologi Sastra, Pendidikan Budi Pekerti, Materi Ajar.