Abstrak


Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Materi Membaca Pemahaman Cerita Ramayana Resi Jatayu Melalui Pembelajaran Online pada Siswa Kelas VIII SMP Modern Islamic School Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Muhammad Ihsan Habibulloh - K4216046 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan belajar yang dialami oleh siswa berkebutuhan khusus; (2) faktor yang menyebabkan siswa berkebutuhan khusus kesulitan belajar; dan (3) upaya pemecahan masalah dalam kesulitan belajar siswa berkebutuhan khusus kelas VIII SMP Modern Islamic School pada materi membaca pemahaman cerita Ramayana Resi Jatayu melalui pembelajaran online.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis yaitu identitas informan, pembelajaran yang dilakukan secara online, kesulitan yang dihadapi guru dan siswa berkebutuhan khusus dalam menerapkan pembelajaran online, faktor penyebab kesulitan belajar siswa, serta upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari tiga jenis, yaitu informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah (1) kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan memahami materi, kesulitan memahami cerita wayang, kesulitan mengakses materi dan tugas, dan kesulitan berkomunikasi dengan guru; (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa dibedakan menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu (a) jasmani: permasalahan pada penglihatan siswa (tunanetra); (b) rohani: malas belajar, kurangnya semangat siswa dalam belajar, emosi siswa yang labil. Adapun faktor eksternalnya yaitu (a) faktor keluarga: kurangnya perhatian dari orang tua, kondisi rumah yang ramai, tidak memiliki gawai pribadi, serta koneksi jaringan yang buruk; (b) faktor sekolah: pemberian tugas yang banyak; (c) faktor lingkungan sosial: mengikuti kebiasaan teman; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu memberikan materi yang ringkas dan menarik, melakukan home visit, memberikan materi dalam bentuk pesan suara, dan memberikan motivasi pada siswa agar semangat belajar.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Siswa Berkebutuhan Khusus, Cerita Ramayana Resi   Jatayu, Pembelajaran Online.