Abstrak


Dinamika Kepribadian dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti Tokoh Utama dalam Novel “Prau Gethek Nyabrang Jaladri” Karya Soekirman dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas (Tinjauan Psikologi Sastra)


Oleh :
Nur Laili Ashfahani Fitriyah - K4216052 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur struktural yang terkandung dalam novel “Prau Gethek Nyabrang Jaladri” karya Soekirman, (2) dinamika kepribadian tokoh utama dalam novel “Prau Gethek Nyabrang Jaladri” karya Soekirman, (3) nilai pendidikan budi pekerti tokoh utama dalam novel “Prau Gethek Nyabrang Jaladri” karya Soekirman, dan (4) relevansi novel “Prau Gethek Nyabrang Jaladri” sebagai bahan ajar bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas (SMA).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa kata-kata dan kalimat dalam wacana novel “Prau Gethek Nyabrang Jaladri” karya Soekirman. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian yaitu Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yaitu data reduction/reduksi data, data display/penyajian data, dan conclusion drawing/verification. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaa, tahap penyusunan laporan.
Dari analisis data peneliti memperoleh empat hasil analisis: (1) analisis strukturul dalam novel berupa penokohan, alur, latar/setting, sudut pandang, dan tema; (2) dinamika kepribadian tokoh utama Soekirman dalam novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri berupa aspek-aspek id, ego, dan superego; (3) nilai pendidikan budi pekerti novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri; (4) novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri berbahasa Jawa ini relevan untuk dijadikan salah satu materi pembelajaran di sekolah, khususnya kelas XI semester 1, KD memahami isi petikan teks novel berbahasa Jawa.


Kata kunci: Struktural Novel, Dinamika Kepribadian, Nilai Pendidikan Budi Pekerti.