Abstrak


Digitalisasi Informasi Humas Pemerintah Kabupaten Kebumen (Studi Kasus Tentang Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam Penyampaian Informasi Daerah Melalui Media Sosial)


Oleh :
Nurunnisa Febriati - D0216072 - Fak. ISIP

Media sosial merupakan sesuatu yang tidak lepas dari kehidupan sosial di era teknologi. Media sosial dinilai menjadi salah satu media paling efektif untuk menyebarkan informasi bagi banyak kalangan. Humas Pemerintah Kebumen dituntut memiliki kemampuan dalam menggunakan media sosial agar informasi terkait instansi pemerintah dapat tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Humas Humas Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam menyampaikan informasi daerah melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi Cangara.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling pada staf Humas Humas Pemerintah Kabupaten Kebumen. Teknik data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Dalam penelitian ini teknik analisis data milik Miles dan Hubberman yaitu analisis data secara interaktif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Humas Pemerintah Kabupaten Kebumen melaksanakan penentuan komunikator dengan mempertimbangkan kredibilitas, daya tarik dan kekuatan, penentuan bagian dokumentasi, publikasi, dan arsip perpustakaan, penentuan sasaran yaitu masyarakat Kebumen yang aktif. Menggunakan media sosial, memilih media komunikasi merupakan platform media sosial yang banyak digunakan di masyarakat seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Kata kunci : Strategi Komunikasi, Public Relations, Humas Pemkab Kebumen, Media Sosial.