Abstrak


Analisis Konten Integrasi STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Buku Tematik Tema Globalisasi Materi Energi Kelas VI Sekolah Dasar


Oleh :
Safinatun Najah - K4516058 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis Buku Tematik Tema Globalisasi Materi Energi Kelas VI Sekolah Dasar berdasarkan aspek integrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Sampel pada penelitian ini adalah tiga buku tematik tema globalisasi sekolah dasar dari tiga penerbit yang berbeda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik penentuan (purposive sampling). Pengumpulan data dilakukan peneliti menggunakan dokumentasi.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya muatan keempat aspek STEM yang dianalisis pada ketiga buku tematik tema globalisasi yang dianalisis, namun ditemukan perbandingan sebaran yang tidak merata dengan didominasi kategori aspek Science. Analisis yang telah dilakukan menghasilkan bahwa aspek STEM yang paling banyak muncul yaitu pada buku B dengan presentase 93,75%. Kemudian dilanjut dengan buku C sebesar 91,66?n yang terakhir buku A sebesar 91,42%. Aspek yang paling dominan pada ketiga buku adalah science yang dimuat paling tinggi pada buku C dan paling rendah pada buku B. Sedangkan aspek yang dimuat paling sedikit pada ketiga buku adalah Engineering dimana yang paling tinggi adalah buku A dan yang paling rendah adalah Buku C. Diharapkan dengan penelitian ini dapat membantu guru mempunyai pengalaman untuk memilih buku teks yang memiliki kualitas bagus yang akan dijadikan acuan dalam mengajar di abad 21 serta dapat dijadikan salah satu rujukan dan bahan evaluasi untuk memperbaiki kualiatas buku agar sebaran setiap aspek yang disajikan seimbang.

Kata Kunci : analisis isi, integrasi STEM, buku tematik Sekolah Dasar.