Abstrak


Survei Pembinaan Bola Basket di Klub Bhinneka Solo Tahun 2020


Oleh :
Andreas Kristopel Eka Saputra Abi - K4613016 - Fak. Keolahragaan

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pembinaan di klub bola basket Bhinneka Solo tahun 2020.
penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. dalam penelitian ini digunakan strategi studi kasus sampling purposive yaitu sasaran yang akan diteliti sudah dibatasi dan ditentukan serta terpusat pada satu lokasi yang mempunyai karakteristik tersendiri. sumber data yang digunakan adalah sumber benda, tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen.
Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) Keadaan organisasi Bhinneka Solo sudah memiliki unsur yang baik dan melaksanakan tugas sesuai dengan bidangnya. (2) Program latihan Klub Bhinneka Solo dibuat secara terprogram oleh pelatih yang berkompeten dalam bidang olahraga bola basket. (3) Pembinaan yang dilakukan di klub Bhinneka Solo sudah cukup baik dan terarah . (4) Klub Bhinneka Solo telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup dengan cara bekerjasama dengan lembaga terkait. (5) Prestasi yang telah diraih klub Bhinneka Solo sudah baik dengan beberapa kali menjadi juara di kompetisi tingkat Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat Nasional.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diatas dapat disimpulkan klub bola basket Bhinneka Solo Telah memiliki unsur-unsur yang memadai sebagai sebuah klub bola basket. Tetapi yang menjadi kendala adalah klub Bhinneka belum memiliki lapangan sendiri dan masih ada kekurangan yang lain, akan diperbaiki seiring berjalannya waktu.

Kata Kunci : Hasil analisis deskriptif, Pengelolaan Organisasi, Program Latihan, Pembinaan, Sarana dan Prasarana, Prestasi, Bola Basket.