Abstrak


Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Samping Pencak Silat pada Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Tri Hastu Kurnia Juni Awan - K4613139 - Fak. Keolahragaan

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan samping pencak silat menggunakan alat bantu pembelajaran pada peserta didik Kelas XII IPA 1 SMA N 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas Kelas XII IPA 1 yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik putra dan 22 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peserta didik, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar sebagai berikut : pada prasiklus hasil belajar  tendangan samping pencak silat jumlah yang tuntas adalah 12 peserta didik (33,33%) dan yang belum tuntas adalah 24 peserta didik (66,66%). Pada siklus I hasil belajar tendangan samping pencak silat jumlah yang tuntas adalah 26 peserta didik (72,22%) dan yang belum tuntas adalah 10 peserta didik (27,77%). Sedangkan pada siklus II hasil belajar tendangan samping pencak silat jumlah yang tuntas adalah 30 peserta didik (83,33%) dan yang belum tuntas adalah 6 peserta didik (16,66%). Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II Hasil belajar tendangan samping pencak silat telah mencapai target yang di tetapkan pada siklus II bahkan melebihi target.
Kesimpulan penelitian adalah: penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan samping pencak silat pada peserta didik kelas XII IPA 1 SMA N 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Hasil belajar, Tendangan samping, penerapan alat bantu