Abstrak


Peran Orang Tua dalam Mendukung Prestasi Olahraga di Klub Sepak Bola Putri Surakarta pada Tahun 2020


Oleh :
Elen Yulianti - K4616035 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran orang tua dalam mendukung  prestasi olahraga di klub sepak  bola  U-19  Putri Surakarta pada tahun 2020.
Penelitian  ini  menggunakan  metode deskriptif kuantitatif.  Sumber  data diperoleh dari Orang Tua/Wali di Klub Sepak Bola Putri Surakarta. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah peran orang tua dalam mendukung prestasi olahraga. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada BAB IV diperoleh: 1) Peran orang tua dari faktor perhatian memiliki kategori baik ada 5 orang, sedangkan untuk kategori cukup ada 12 orang, 2) Peran orang tua dari faktor gizi memiliki kategori baik ada 6 orang, sedangkan untuk kategori cukup ada 13 orang, 3) Peran orang tua dari faktor peralatan dan perlengkapan memiliki kategori baik ada 2 orang, sedangkan untuk kategori cukup ada 9 orang, 4) Peran orang tua dari faktor lingkungan memiliki kategori baik ada 8 orang, sedangkan untuk kategori cukup ada 8 orang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua dalam mendukung prestasi olahraga sepak bola U-19 Putri Surakarta pada tahun 2020 berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 4% (1 orang), “kurang” sebesar 24% (6 orang), “cukup” sebesar 36% (9 orang), “baik” sebesar 32% (8 orang), dan “sangat baik”
4% (1 orang). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 101,16, peran orang tua dalam mendukung prestasi olahraga sepak bola Putri Surakarta pada tahun 2020 dalam kategori “cukup”.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Prestasi Olahraga