Abstrak


Survei Prasarana dan Sarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Kudus Tahun 2020


Oleh :
Mh. Shofy Aulal Muna - K4616063 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Ketersediaan Prasarana dan Sarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Kudus Tahun 2020.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini dipilih peneliti karena penelitian deskriptif menggambarkan keadaan suatu peristiwa tertentu berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana mestinya. Peneliti menggunakan dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan informan  menggunakan teknik sampling jenuh dengan informan guru PJOK Sekolah Menengah Atas Negeri se Kabupaten Kudus. Data yang diperoleh dari hasil pengisian kuisioner dan observasi, kemudian data dianalisis dan diuji validitasnya menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini, (1) Ketersediaan prasarana pendidikan jasmani secara keseluruhan di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kabupaten Kudus Tahun 2020 rata-rata berkategori “Baik Sekali” dengan persentase 83%. Tedapat 4 SMA (58%) yang mendapat kategori “Baik Sekali”, sedangkan terdapat 3 SMA (42%) yang mendapat kategori “Sedang”. (2) Ketersediaan sarana pendidikan jasmani secara keseluruhan di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kabupaten Kudus Tahun 2020 rata-rata berkategori “Sedang” dengan persentase 55%. Terdapat 3 SMA (42%) yang mendapat kategori “Baik”, sedangkan terdapat 2 SMA (29%) yang berkategori “Sedang”, dan 2 SMA (29%) yang mendapat kategori “Kurang”

Kata kunci: Survei prasarana dan sarana, Ketersediaan, Sekolah Menengah Atas.