Abstrak


Tingkat Kreativitas Guru untuk Mengatasi Keterbatasan Prasarana dan Sarana dalam Proses Pembelajaran PJOK di SMP Se-Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020


Oleh :
Pingky Meilina Cahayani - K4616068 - Fak. Keolahragaan

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah masih banyak prasarana dan sarana PJOK yang belum memadai sebagaimana mestinya, belum sebanding dengan jumlah peserta didik, masih banyak guru kurang berkreasi dalam membuat modifikasi alat, serta banyak guru yang masih menunggu bantuan prasarana dan sarana PJOK dari pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat kreativitas guru untuk mengatasi keterbatasan sarana prasarana dalam proses pembelajaran PJOK di SMP se-Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket sebagai data primer, serta observasi, dan dokumentasi sebagai data sekunder. Populasi penelitian ini adalah semua guru PJOK di SMP se-Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 23 guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian memperoleh bahwa kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana penjas di SMP se-Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo secara keseluruhan berkategori 1 guru (4%) dalam kategori sangat tinggi, 6 guru (26,09%) dalam kategori tinggi, 10 guru (43,48%) dalam kategori sedang, 4 guru (17,39%) dalam kategori rendah, dan 2 guru (8,70%) dalam kategori sangat rendah. Dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana penjas di SMP se-Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo masuk kategori sedang (43,48%).

Kata Kunci: Kreativitas Guru, Keterbatasan Prasarana dan Sarana, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.