Abstrak


Hubungan Antara Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen Tahun 2020


Oleh :
Geget Agung Wibowo - K4617056 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar kontribusi yang diberikan kebugaran jasmani terhadap tingkat konsentrasi peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di MTs N 3 Sragen yang dimulai dari bulan September hingga Januari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 3 Sragen dengan jumlah 36 siswa yang berkomposisi 18 putra dan 18 putri. Cara penentuan sampelnya dengan melakukan undian pada setiap kelasnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Metode pengambilan data di lapangan menggunakan teknik tes dan pengukuran. Penelitian ini menggunakan dua instrumen tes yaitu Tes TKJI untuk usia 13-15 tahun untuk mengukur kebugaran jasmani, dan Grid Concentration Test untuk mengukur tingkat konsentrasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 dan koefisiensi korelasi (r) bernilai 0,738 sehingga menunjukkan tingkat keeratan yang sangat kuat dan nilai koefisien determinasinya bernilai 54,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi. Dan kontribusi kebugaran jasmani terhadap tingkat konsentrasi sebesar 54,4%.


Kata Kunci: Kebugaran Jasmani, Konsentrasi, Peserta Didik