Abstrak


Analisis Semiotika Propaganda Menikah Muda di Media Sosial Instagram (Studi Analisis Semiotik Mengenai Propaganda Menikah Muda di Media Sosial Instagram @gerakannikahmuda November 2019 – Januari 2020 )


Oleh :
Rachma Dhania - D0216075 - Fak. ISIP

Propaganda dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menyebarluaskam suatu pandangan atau pemikiran yang dilakukan dengan cara yang sistematis, terencana, serta dilakukan berulang. Hal ini juga yang dialukan oleh berbagai macam organisasi pergerakan dalam rangka menyebarkan pandangan pada masyarakat agar memiliki pemikiran yang sama dengannya. Hal ini juga terjadi di akun instagram @gerakannikahmuda yang berfokus pada penyebaran pandangan untuk menikah muda.
Tujuan dari penelitian ini diperuntukan untuk menganalisis mengenai pesan propaganda menikah muda yang disajikan oleh akun tersebut. Analisis dilakukan menggunakan analisis semiotiika Roland Barthes yang mana terdapat tiga lapis pemaknaan yakni denotasi, konotasi dan mitos.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Selain itu untuk membedah makna dari unggahan tersebut maka digunakan teori semiotika Roland Barthes yang di dalamnya terdapat tiga lapisan pemaknaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari akun @gerakannikahmuda selanjutnya data lain didapatkan melalui studi dokumentasi dan dari sumber lain yang mendukung penelitian.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pesan propaganda menikah muda disampaikan melalui beberapa unggahan dari akun tersebut diantaranya dalam unggahan foto dan video. Selain aspek kegamaan penyampaian propaganda juga melibatkan berbagai aspek dalam kehidupan di dalamnya.

Kata kunci: propaganda, media sosial, menikah muda