Abstrak


Upaya Meningkatkan Kemampuan Menerima Bola Pertama Sepak Takraw Melalui Latihan Bounce Kick Ball pada Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Takraw di SMA Negeri 1 Wangon Kabupaten Banyumas 2020


Oleh :
Bima Charmedikha - K5615015 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : mengetahui peningkatan kemampuan menerima bola pertama sepak takraw melalui latihan bounce kick ball pada kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw di SMA Negeri 1 Wangon Kabupaten Banyumas 2020.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bersifat tindakan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kegiatan  ekstrakurikuler sepak  takraw di SMA  Negeri 1  Wangon Kabupaten  Banyumas berjumlah 20 orang dengan  teknik pengambilan  sampel adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan  analisis  Penelitian  tindakan  kelas  dengan  tahapan  perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. 1) Hasil belajar sepak takraw Dalam kondisi awal siswa yang tuntas 10 siswa atau 50% pada siklus 1 siswa yang tuntas 14 siswa atau 70% pada siklus 2 siswa yang tuntas 16 siswa atau 80% 2) Hasil belajar sepak takraw siswa pada siklus 2 sudah menunjukan hasil yang memuaskan dan sudah tercapainya target yang di tetapkan yaitu 75%. Sehingga penelitian ini sudah sesuai target yang di harap.

Kata Kunci : Kemampuan Menerima Bola Pertama, Metode Bounce Kick Ball, Hasil Belajar Sepak Takraw