Abstrak


Analisis Biomekanika Gerakan Start Gaya Punggung pada Atlet Renang Alamgary Challenge Swimming Solo Tahun 2020


Oleh :
Wirawan Donny Kusuma - K5616070 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gerakan start gaya punggung pada atlet renang Almagary Challenge Swimming Solo.
Subyek penelitian ini adalah atlet   grup putra yang tergabung dalam Almagary Challenge Swimming Solo yang berusia 13-15 tahun yang berjumlah 4 orang. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan rekaman video start yang dilakukan oleh setiap atlet. Analisis data dilakukan setelah mendapatkan hasil observasi berupa rekaman video. Setelah mendapatkan rekaman video, kemudian rekaman tersebut dianalisis menggunakan aplikasi software Kinovea.
Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah (1) terdapat perbedaan aspek-aspek seperti jarak lompatan, sudut pada saat take off, sudut tangan pada blok start, sudut jatuhan, dan kecepatan horizontal saat berada di udara, antara model satu dengan model yang lainnya.. (2) Analisis gerak menunjukkan  bahwa  model  0  (Utama)  menghasilkan  lompatan  sejauh  2,543 meter, sudut saat take off sebesar 18°, sudut tangan pada blok start sebesar 88°, sudut jatuhan sebesar 32°, kecepatan horizontal saat di udara 0,56 detik. (3) Start renang yang baik mampu memberikan sumbangan yang cukup besar yang dapat dimanfaatkan  oleh    perenang.  Analisis  biomekanika  berperan  sangat  penting dalam membantu pelatih untuk memberikan koreksi kepada atlet terhadap teknik gerakan yang mereka lakukan dengan dengan hasil analisis secara spesifik pada aspek-aspek utama dari gerakan start renang gaya punggung.

Kata kunci : Renang, start renang, Gaya punggung, Biomekanika.