Abstrak


Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan Strategi Pembelajaran Preview Question Read Summarize and Test (PQRST) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Ditinjau Dari Minat Membaca (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri di Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)


Oleh :
Dyah Putri Prastitiningtyas - K7116048 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan strategi pembelajaran Preview Question Read Summarize Test (PQRST); (2) mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman antara peserta didik yang mempunyai minat baca tinggi dan minat baca rendah; (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan minat baca terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik.
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian quasi experimental dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang didapatkan dari teknik ini adalah SD Negeri Pajang 1 No.93 dan SD Karangasem No.61 sebagai kelas eksperimen sedangkan SD Bratan III dan SD Pajang IV sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data keterampilan membaca pemahaman menggunakan teknik tes dalam bentuk pilihan ganda dan data minat membaca menggunakan teknik non tes dalam bentuk angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan peserta didik yang diajar menggunakan Preview Question Read Summarize Test (PQRST) dengan nilai F(A) = 48.128 > Ftabel = 3,074.; (2) adanya  perbedaan keterampilan membaca pemahaman antara peserta didik yang memiliki minat baca tinggi dan peserta didik yang memiliki minat baca rendah dengan nilai F(B)= 96.989 > F(B)tabel = 3,074.; (3) tidak adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan minat baca terhadap keterampilan membaca pemahaman dengan nilai FAB= -6.310 < Ftabel>

Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Minat Baca, Directed Reading Thinking Activity, Preview Question Read Summarize Test