Abstrak


Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020


Oleh :
Devy Herawati - K7616016 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji 1) pengaruh kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi Binsis di SMK Negeri 1 Karanganyar, 2) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Karanganyar, 3) pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Karanganyar, 4) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Karanganyar, 5) pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) sejumlah 248 peserta didik. Jumlah sampel sebanyak 155 responden. Teknik pengambilan sampel  menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan perolehan F hitung lebih besar dari F tabel yaitu sebsar 84,097 > 2,430 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan prestasi belajar dibuktikan dengan perolehan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1,990 > 1,975 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian dengan prestasi belajar dibuktikan dengan perolehan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,736 > 1,975 (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional dengan prestasi belajar dibuktikan dengan perolehan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,458 > 1,975 (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi sosial dengan prestasi belajar dibuktikan dengan perolehan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,226 > 1,975.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Prestasi Belajar.