Abstrak


Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dengan Pelatihan Pemasaran Daring Sebagai Variabel Moderator Terhadap Kinerja UMKM Kota Surakarta


Oleh :
Nurvi Firdausi - K7616052 - Fak. KIP

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat (1) pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Kota Surakarta (2) pengaruh kompetensi kewirausahaan yang dimoderasi oleh pelatihan pemasaran daring terhadap Kinerja UMKM Kota Surakarta.
Populasi penelitian ini yaitu pelaku UMKM yang terdaftar pernah mengikuti pelatihan pemasaran daring yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Surakarta sebanyak 60 pelaku usaha. Keenam puluh pelaku usaha tersebut menjadi responden penelitian ini. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi moderasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Kota Surakarta yang ditunjukkan dengan uji t dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 4,932  > 2. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kewirausahaan yang dimoderasi oleh pelatihan pemasaran daring terhadap kinerja UMKM Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2, 932 > 2. Hasil uji koefisien determinasi model regresi moderasi mengalami kenaikan sebesar 8,3?ri model regresi yang pertama. Hal ini menunjukkan bahwa variabel pelatihan pemasaran daring memperkuat hubungan variabel kompetensi kewirausahaan dan kinerja UMKM Kota Surakarta.

Kata Kunci: Pelatihan pemasaran daring, kompetensi kewirausahaan, kinerja UMKM