Abstrak


Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Masa Pandemi COVID-19 dalam Mengikuti Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Regina Febry - K7716053 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan: 1. Mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar  selama masa pandemi COVID-19; 2. Mengetahui faktor dominan yang menyebabkan kesulitan belajar  selama masa pandemi COVID-19.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Sampel yang terpilih adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS angkatan 2019 yang berjumlah 79 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Exploratory Factor Analysis dengan bantuan software SPSS versi 22 for Windows. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terbentuk lima faktor internal dan external yaitu: 1) ability (74,515%); 2) Motivasi Belajar (12,719%); 3) Lingkungan Belajar (8,154%); 4) Kesehatan (2,238%); 5) Lingkungan Keluarga (2,374%). Faktor ability merupakan faktor paling dominan dalam kesulitan belajar masa pandemi COVID-19.

Kata kunci :Faktor Kesulitan Belajar, Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Masa Pandemi COVID-19.