Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Kartu Secara Daring untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) SMK Wikarya Karanganyar


Oleh :
Setyo Tri Winarni - K7716065 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran numbered heads together berbantu media kartu secara daring peserta didik Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Wikarya Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI AKL SMK Wikarya Karanganyar berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan teknik analisis kritis untuk data kualitatif. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran NHT berbantu media kartu secara daring. Penelitian ini menetapkan indikator capaian keberhasilan yaitu 75?ri jumlah peserta didik mampu mencapai keaktifan belajar dalam kategori aktif sebesar 61%. Pada pratindakan diperoleh persentase peserta didik yang mencapai keaktifan dalam kategori aktif sebesar 22,22% atau sebanyak 4 peserta didik dari jumlah peserta didik. Pada siklus I persentase peserta didik yang mencapai keaktifan dalam kategori aktif mengalami peningkatan menjadi 50% atau sebanyak 9 peserta didik dari jumlah peserta didik. Pada siklus II persentase peserta didik yang mencapai keaktifan dalam kategori aktif mengalami peningkatan menjadi 77,78% atau sebanyak 14 peserta didik dari jumlah peserta didik. Simpulan penelitian ini bahwa model pembelajaran numbered heads together berbantu media kartu secara daring dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI AKL SMK Wikarya Karanganyar.

Kata kunci: Numbered Heads Together, Kartu, Daring, Keaktifan Belajar