Abstrak


Upaya Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat pada Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas TK ISLAM BAKTI XI Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)


Oleh :
Ruli Wahyu Pratiwi - K8115054 - Fak. KIP

Karakter merupakan suatu sikap yang sudah terpatri dalam diri seseorang dan telah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Karakter dapat dijadikan tolak ukur antara kebaikan dan keburukan. Oleh karenanya, penanaman karakter dianjurkan agar dapat menghasilkan kepribadian yang beradab dan berakhlakul karimah. Penanaman karakter yang efektif untuk anak usia dini ialah kegiatan terprogram melalui penerapan cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter pada anak usia 4-5 tahun melalui penerapan cerita rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK Islam Bakti XI Surakarta tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 23 anak, yang terdiri dari 15 anak perempuan dan 8 anak laki-laki.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang optimal pada penanaman karakter anak melalui penerapan cerita rakyat. Penanaman karakter terlihat dari indikator yang dinilai yaitu berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, mengucapkan kata-kata santun, tidak mudah mengeluh dan cengeng, dapat merapikan peralatan/mainan.
Hasil keseluruhan penanaman karakter setelah diterapkannya cerita rakyat, pada siklus I 12 anak sudah menunjukkan nilai karakter dengan baik. Siklus II mencapai 19 anak, dan ada siklus III tingkat penanaman karakter mencapai 23 anak. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui bercerita dengan cerita rakyat dapat digunakan sebagai upaya penanaman karakter pada anak usia 4-5 tahun TK Islam Bakti XI Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Temuan lain dari penerapan cerita rakyat adalah dapat meningkatkan aspek bahasa anak, perkembangan sosial emosional anak, dan membantu anak berimajinasi.

Kata Kunci: Cerita Rakyat, Penanaman Karakter, Anak Usia Dini