Abstrak


Penggunaan Media Sosial dan Efektivitas SPMB UNS Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Calon Mahasiswa Baru UNS 2020 (Studi Kuantitatif pada Layanan Daring Media Sosial Instagram SPMB UNS)


Oleh :
Vivaldi Maulana Zhafran - D0216097 - Fak. ISIP

Di zaman modern ini, internet telah menjadi bagian dari kehidupan manusia, dan salah salah satu yang tidak bisa lepas dari internet adalah sosial media. Penggunaan sosial media telah memberikan banyak perubahan baru disekitar kita, mulai dari hiburan, perekonomian, pemerintahan, hingga dibidang pendidikan. Dengan adanya pandemi COVID19 di tahun 2020 pun menyebabkan penggunaan internet dan sosial media pun semakin dibutuhkan.
Penelitian ini menggunakan media baru dan efektivitas komunikasi sebagai variabel independen (X), dan pemenuhan kebutuhan informasi sebagai variabel dependen (Y). Menurut Rogers (1984), terdapat karakteristik dari media baru yaitu diantaranya: (1) Interaktivitas Interactivity), (2) Demasifikasi (demassification), dan (3) Asynchronous (Komunikasi online tidak langsung). Efektivitas komunikasi menurut Stuart L. Tubbs dan Sylvia Moss (1996) memiliki lima ciri-ciri, yaitu: membangun pengertian yang sama(Pemahaman), mengembangkan rasa senang (Kesenangan), mengubah sikap ke arah yang dikehendaki(Mempengaruhi sikap), membangun hubungan sosial yang baik, dan menimbulkan tindakan sesuai yang diharapkan. Sedangkan menurut Guha (1978) pemenuhan kebutuhan informasi dibagi menjadi empat jenis yaitu yaitu Current need approach, Everyday need approach, Exhaustic need approach, dan catching Catching up need approach.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner sejumlah 100 responden, pertanyaan berbentuk pilihan menggunakan scoring likert. Analisis data yang digunakan berupa uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier ganda, uji hipotesa.
Hasil penelitian ini ditemukan secara determinan penggunaan media sosial dan efektivitas mempengaruhi pemenuhan Pemenuhan Kebutuhan Informasi sebesar 66,9% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi calon mahasiswa baru dalam mencari informasi penerimaan mahasiswa baru UNS tahun 2020. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa secara ditemukan parsial “efektivitas komunikasi” dapat mempengaruhi “Pemenuhan Kebutuhan Informasi” dengan nilai t hitung 4.7 > ttable 1.98 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima dan secara parsial “penggunaan media baru” dapat mempengaruhi “Pemenuhan Kebutuhan Informasi” dengan nilai t hitung 5.19 > ttable 1.98 dimana H0 ditolak dan H2 diterima.

Kata kunci : Efektivitas Komunikasi, Media Baru, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, SPMB, UNS