Abstrak


Desain Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Dengan Saluran Vortex (Kasus: Sungai Kalijirak, Kabupaten Karanganyar) Micro Hydro Power Design With Vortex Channel (Case: Kalijirak River, Karanganyar Regency)


Oleh :
Suhail Ilmi Muhandis - I0116118 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Suhail Ilmi Muhandis, Rr. Rintis Hadiani, dan Syamsul Hadi, 2020. Desain Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro dengan Saluran Vortex ( Kasus : Sungai Kalijirak, Kabupaten Karanganyar ). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh daerah KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus) yang berada di Gunung Bromo Mojogedang Karanganyar Jawa Tengah yang mempunyai sungai dengan banyak potensi tenaga air dan layak digunakan untuk PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro). Penelitian ini bertujuan untuk membuat layout system PLTMH,mengetahui dimensi saluran pengarah dan lingkaran vortexnya, serta berapa daya energy yang dihasilkan. Sungai kali jirak yang berada di daerah tersebut dilakukan survei untuk mendapatkan kecepatan aliran dan debit sehingga didapatkan data hujan kala ulang dan energi yang dihasilkan. Dari data tersebut dibuatlah PLTMH dengan saluran vortex dan dilakukan perhitungan hubungan antara besar dimensi lingkaran vortex dengan tinggi muka air saluran agar didapat besar dimensi bangunan yang efektif. Perencanaan ini mengacu pada teori dan standar perencanaan yang masih berlaku. Hasil penelitian ini menunjukkan gambar layout dari system PLTMH, dimensi-dimensi bangunan infrastruktur PLTMH, serta besar daya energi yang dihasilkan.

Kata Kunci: KHDTK Bromo Kra, saluran vortex, Energi