Abstrak


Analisis Peran Guru dalam Menerapkan Sikap Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran PPKN Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab (Penelitian Kualitatif di Kelas V SD Negeri Tegalrejo No. 98 Tahun Ajaran 2020/2021)


Oleh :
Dyah Sulistyo Wati - K7117065 - Fak. KIP

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanhasilanalisisperan guru dalammenerapkansikaptanggungjawabsiswa pada pembelajaranPPKnmaterihak, kewajiban, dan tanggungjawab.
Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptifdengansubjekpenelitian guru kelas V dan siswakelas V SD Negeri Tegalrejo No. 98. Pengumpulan data dalampenelitianinimelaluiobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakantriagulasiteknik dan triagulasisumber. Data yang didapatselanjutnyadianalisisterdiridaritigakomponenyaknireduksi data, sajian data, dan penarikankesimpulan.
Hasil penelitianmenunjukkanbahwaperan guru dalammenerapkansikaptanggungjawab yang terlihatyaituperan guru sebagai motivator ketika guru membangkitkansemangatkepadasiswabahwabelajarituditujukanuntukmendapatkanprestasi, mengajaksiswaaktifdalampembelajaran, memberikanpenguatan, membangkitkanminatsiswa. Peran guru sebagaifasilitatorketika guru memberikanpembelajaran daring, memberikankemudahanpengumpulantugas, meningkatkankemampuan IT. Peran guru sebagai evaluator ketika guru membuatperaturandalampengerjaantugas, mengadakanevaluasisetiappertemuan, dan mengoreksijawabansiswa.


Kata kunci: Peran Guru, Tanggungjawab, Pembelajaran ppkn.