Abstrak


Identifikasi Kesulitanbelajar Matematika Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Ivsd Negeri 1 Tanggeran Sruweng Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Ika Berliana Fauziah - K7117101 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika pada materi semester 1 yang dialami oleh siswa kelas IV SDN 1 Tanggeran selama pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021 serta mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika selama pandemi covid-19.
Metode  yang digunakan  pada penelitian  ini  adalah kualitatif  deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, orang tua dan guru kelas IV SDN 1 Tanggeran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, analisis data, serta penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa terjadi karena siswa kesulitan memahami konsep, kesulitan memecahkan masalah pada soal  cerita,  dan  kesulitan dalam  keterampilan berhitung.  Identifikasi  kesulitan dilakukan pada materi Pecahan, FPB, KPK dan Aproksima. Kesulitan memahami konsep sebanyak 78%, kesulitan dalam memecahkan suatu soal cerita sebanyak
90%, serta kesulitan berhitung pada opeasi bilangan sebanyak 85%. Kesulitan yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor dari dalam diri siswa dan luar siswa. dilihat dari faktor tersebut dapat diupayakan pemecahan kesulitan belajar yang dialami siswa dengan cara: melakukan remidi, latihan soal, mengikuti les privat serta menjaga komunikasi dengan guru. Guru pun harus mengupayakan inovasi pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan lebih paham akan materi yang disampaikan.

Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar.