Abstrak


Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Fluency pada Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Guru Sekolah Dasar Gugus Hasanuddin Kecamatan Ambal Tahun Ajaran 2020/2021)


Oleh :
Kanthil Esti Winahyu - K7117114 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis peran guru SD Negeri lingkup Gugus Hasanuddin tahun ajaran 2020/2021 dalam meningkatkan keterampilan berpikir fluency peserta didik sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif yang dilaksanakan pada bulan November 2020 dengan metode pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, V dan VI serta peserta didik kelas IV, V dan VI SD Negeri Gugus Hasanuddin. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Jumlah guru yaitu lima dan perwakilan peserta didik berjumlah 15 anak dari kelas IV, V dan VI. Sumber data yang digunakan berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu guru kelas IV, V dan VI SD Negeri Gugus Hasanuddin dapat melaksanakan peran sebagai informator, inisiator, director dan motivator untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghasilkan dan memperbaiki gagasan serta meningkatkan kelancaran dan kesigapan peserta didik dalam mengungkapkan gagasan. Peran yang dilakukan guru pada saat mengajar untuk melatih keterampilan berpikir lancar yaitu dengan memberikan pertanyaan dan soal berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi, wawancara dan angket yang diperoleh dari guru pada saat peneliti melaksanakan penelitian.

Kata kunci: Peran Guru, Keterampilan Berpikir Fluency, Peserta Didik, Sekolah Dasar.