Abstrak


Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Sistem dalam Jaringan di Kelas III SDN Tunggulsari II Laweyan Surakarta Pada Tahun 2020


Oleh :
Lathifah Aulia Sari - K7117126 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik berbasis system dalam jaringan di kelas III SDN Tunggulsari II, Laweyan, Surakarta pada tahun 2020, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta mendeskripsikan upaya mengoptimalkan factor pendukung  dan upaya mengatasi faktor penghambat.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas III, 7 peserta didik kelas III, dan 7 orang tua peserta didik kelas III. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik validitas data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan implementasi pembelajaran tematik berbasis system dalam jaringan memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang disesuaikan dengan pembelajaran selama pandemi Covid-19. Implementasi pembelajaran tematik berbasis system dalam jaringan memiliki factor pendukung internal yaitu minat belajar, sedangkan factor eksternal yaitu pendampingan orang tua maksimal, adanya fasilitas handphone di rumah, aplikasi whatsApp berjalan dengan baik, memiliki kuota internet atau mendapatkan bantuan internet, dan jaringan internet stabil. Faktor penghambat internal yaitu rasa malas belajar, sedangkan factor penghambat eksternal yaitu pendampingan orang tua kurang maksimal, tidak tersedianya fasilitas handphone di rumah, aplikasi whatsApp error, keterbatasan kuota internet, dan jaringan internet kurang stabil. Selain itu upaya mengoptimalkan factor pendukung factor pendukung internal yaitu memberikan perhatian dan motivasi belajar, sedangkan upaya mengoptimalkan factor pendukung eksternal yaitu pengumpulan tugas tepat waktu dan pendataan bantuan kuota internet secara berkala. Upayamengatasifaktorpenghambatsecara internal yaitu kerjasama guru dan orang tua dalam memberikan motivasi dan perhatian belajar, sedangkan upaya mengatasi factor penghambat secara eksternal yaitu meminta bantuan saudara, guru, saling membantu antar orang tua dan peserta didik, serta bantuan dari peran masyarakat.
 
 
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, System Pembelajaran Dalam Jaringan, Sekolah Dasar