Abstrak


Analisis Pemanfaatan Aplikasi Online pada Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) di SD Negeri Mangkubumen Lor No 15 Surakarta


Oleh :
Metha Asmara Dewi - K7117139 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) perencanaan pemanfaatan aplikasi online pada pembelajaran daring (dalam jaringan); 2) pelaksanaan pemanfaatan aplikasi online pada pembelajaran daring (dalam jaringan); 3) evaluasi pemanfaatan aplikasi online pada pembelajaran daring (dalam jaringan).
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas tinggi (IV.1, V.1, VI.1) SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan model analisis data Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aplikasi online beserta fiturnya digunakan dalam perencanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, pembuatan RPP dan penyusunan bahan ajar; (2) aplikasi online beserta fiturnya digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran untuk membagikan materi, tugas dan informasi tentang edukasi, (3) aplikasi online beserta fiturnya dalam evaluasi pembelajaran kurang berjalan dengan baik, seperti belum diterapkannya refleksi secara merata tetapi pada pemberian reward dan soal evaluasi sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya. Berdasarkan hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi online pada pembelajaran daring belum dilaksanakan secara maksimal. Guru dan peserta didik perlu menerapkan pemanfaatan aplikasi online yang lebih beragam untuk melaksanakan pembelajaran daring dengan lebih baik.

Kata Kunci: pandemi Covid-19, aplikasi online, pembelajaran daring.