Abstrak


Pengembangan Bahan Ajar Motif Batik Ngawi Kelas V SD Kabupaten Ngawi


Oleh :
Nadia Risha Fabiola Sakhi - K7117151 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan (1)   Mengembangkan bahan ajar materi membatik khususnya memahami   motif batik khas Kabupaten Ngawi dengan sasaran siswa kelas lima sekolah dasar Kabupaten Ngawi (2) mengetahui kevalidan buku bahan ajar motif batik Ngawi yang telah dikembangkan (3) Mengetahui kepraktisan buku bahan ajar motif batik Ngawi yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah riset dan pengembangan dengan model pengembangan Four-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Four-D memiliki tahapan diantaranya sebagai berikut a. Define, b. Design, c. Develop, d. Disseminate, namun pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap Develop. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi literatur dan angket. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ini dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator. Hasil penilaian ahli media sebesar 90,67?ngan kategori sangat valid  , ahli materi 82?ngan kategori cukup valid , ahli praktisi 83,3?ngan kategori cukup valid. Bahan ajar ini mendapat respon kategori sangat baik dari guru dengan skor sebesar 63,5 dan kategori baik dari siswa kelas V SD Kabupaten Ngawi dengan skor sebesar 79,6 berdasarkan hasil uji terbatas bahan ajar yang dikembangkan.


Kata Kunci: Bahan ajar,batik, motif Ngawi