Abstrak


Analisis Kelayakan Isi Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem


Oleh :
Sekar Mustika Saraswati - K7117206 - Fak. KIP

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi pada Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kelayakan isi yang terdapat pada Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan mengamati dan menelaah isi Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi penyidik. Terdapat empat dimensi yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu dimensi spiritual, dimensi sikap sosial, dimensi pengetahuan, dan dimensi keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase skor kelayakan pada dimensi spiritual sebesar 65,28 %, kelayakan pada dimensi sikap sosial sebesar 100 %, kelayakan pada dimensi pengetahuan sebesar 93,52 %, dan kelayakan pada dimensi keterampilan sebesar 86,11 %. Isi buku yang disajikan telah merujuk pada tuntutan dari kurikulum 2013 yang digunakan yaitu belajar meaningful (bermakna), belajar discovery learning (belajar mendapatkan penemuan, mencari tahu), dan belajar construtivism (belajar secara konstruktif menurut teori constructivism.


Kata Kunci: Analisis, Kelayakan, Isi, Buku Siswa, Sekolah Dasar