Abstrak


Analisis Soal Evaluasi Pembelajaran Tematik Semester 1 Berdasarkan Perspektif HOTS di Kelas V SDN 1 Ngepungsari Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Wahyu Ary Ramadhani - K7117231 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk memganalisis dan mendeskripsikan komposisi soal dan karakteristik soal HOTS dalam soal Penilaian Akhir Semester 1 kelas V SD Negeri 1 Ngepungsari Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis analisis dokumen. Sumber data penelitian ini adalah dokumen soal Penialaian Akhir Semester 1 Kelas V SDN 1 Ngepungsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Dalam penelitian ini digunakan analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa komposisi soal Penialaian Akhir Semester 1 Kelas V SDN 1 Ngepungsari Tahun Pelajaran 2019/2020 masih belum ideal, karena komposisi antara soal HOTS dan LOTS masih kurang seimbang, Dilihat dari level kognitif taksonomi Bloom soal yang termasuk kedalam kategori tingkat berfikir LOTS atau mengingat, memahami dan menerapkan (C1, C2, dan C3) yaitu 85,7?ri keseluruhan soal yang ada. Soal dengan kategori HOTS yaitu yang termasuk kategori menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta (C4, C5, dan C6) jumlahnya 14,3?ri soal keseluruhan. Karakteristik soal HOTS dalam soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas V di SD Negeri 1 Ngepungsari tahun ajaran 2019/2020 pada Tema 1 sampai Tema 5 ditemukan sejumlah 43 butir soal. Dari 43 butir soal tersebut semua soalnya memiliki karakteristik kemampuan berfikir tingkat tinggi, dan 11 diantaranya juga termasuk soal yang menggunakan karakteristik berbasis permasalahan kontekstual.  Hasil penelitian ini memberikan pengetahuan bagi guru dalam membuat soal Penilaian Akhir Semester. Penelitian ini juga dapat menjadi landasan teoritis penelitian relevan berikutnya. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai solusi atas kendala yang dialami guru dalam menentukan komposisi soal yang baik untuk Penilaian Akhir Semester.

Kata kunci: HOTS, Penilaian Akhir Semester, komposisi soal, karakteristik soal HOTS