Abstrak


Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SDN Gesikan Desa Gesikan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten Tahun 2020


Oleh :
Widyastuti - K7117234 - Fak. KIP

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan makna keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di SDN Gesikan Desa Gesikan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten tahun 2020. Orang tua memiliki keterlibatan yang penting dalam proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh anak pada masa pandemi covid-19. Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring meliputi pemberian fasilitas, motivasi, dan membimbing anak dalam melakukan pembelajaran daring.
Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kualitatif menggunakan pendikatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah orang tua, peserta didik, dan guru di SDN Gesikan Desa Gesikan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan  Miles and Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua terlibat dalam pembelajaran daring anak selama masa pandemi covid-19. Keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran daring yang dialami oleh anak meliputi pemberian fasilitas, motivasi dan bimbingan. Perasaan orang tua sedih terhadap pembelajaran daring yang dilakukan anak dikarenakan kurangnya penjelasan materi dari guru.

Kata Kunci: Keterlibatan orang tua, pembelajaran daring, pandemi covid-19