Abstrak


Analisis Nilai Karakter Cerita Legenda dalam Buku Siswa Kelas IV SD Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Kurikulum 2013


Oleh :
Wiji Istari - K7117235 - Fak. KIP

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter dalam cerita legenda pada buku siswa kelas IV SD tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” kurikulum 2013. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis konten. Data yang digunakan adalah kata, kalimat dan paragraf dalam cerita legenda. Sumber data dalam penelitian berupa buku siswa kelas IV SD tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku”. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas semantik dan validitas reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Hermeneutika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai karakter jujur ditemukan sebanyak 2 kutipan nilai karakter. (2) nilai karakter tanggung jawab ditemukan sebanyak 2 kutipan nilai karakter. (3) nilai karakter cerdas terdapat 2 kutipan nilai karakter. (4) nilai karakter bersih dan sehat tidak ditemukan dalam 5 cerita legenda. (5) nilai karakter peduli ditemukan sebanyak 12 kutipan nilai karakter. (6) nilai karakter kreatif ditemukan sebanyak 2 kutipan nilai karakter. (7) nilai karakter gotong royong ditemukan 1 kutipan nilai karakter.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai karakter yang terdapat pada cerita legenda berjumlah 21 kutipan nilai karakter. Nilai karakter yang paling banyak muncul yakni nilai karakter peduli dengan jumlah 12 kutipan nilai karakter dan yang paling sedikit yakni nilai karakter gotong royong sebanyak 1 kutipan nilai karakter. Ketujuh nilai karakter yang terkandung dalam Cerita Legenda yang terdapat pada buku siswa kelas IV SD tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” kurikulum 2013 tersebut, guru dapat menjadikan cerita legenda sebagai alternatif untuk menanamkan nilai karakter kepada peserta didik.

Kata kunci: Nilai Karakter, Cerita Legenda, Buku Siswa.