Abstrak


Fenomena Program Ridwan Hasan dalam Pembelajaran MNR pada Program “Belajar di Rumah” Siswa SDN Ngadirejan


Oleh :
Yuni Setyowati - K7117240 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan pembelajaran MNR pada pembelajaran matematika yang dibawakan oleh Ridwan Hasan dalam program pembelajaran daring TVRI “Belajar di Rumah”.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 SD Ngadirejan Pacitan tahun akademik 2020/2021, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Tes validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu mulai tahap pengumpulan data, reduksi data,  dan tahap penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran MNR pada segmen “Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan” cukup membantu peserta didik dalam memahami materi Matematika selama pembelajaran daring. Langkah-langkah pembelajaran MNR yang Pak Ridwan bawakan sudah sesuai dengan teori sintaks MNR. Tampilan segmen “Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan” yang menggunakan animasi-animasi dan gambar interaktif membuat peserta didik tertarik dalam mengikuti pembelajaran Matematika bersama Pak Ridwan. Hal unik yang menjadi ciri khas Pak Ridwan yaitu pemakaian baju adat tradisional yang berganti di setiap harinya, menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik. Selain berfungsi sebagai variasi dalam pembelajaran, pemakaian baju adat ini juga bermanfaat bagi peserta didik untuk menambah pengetahuan dan wawasan baru mengenai adat-adat di Indonesia.

Kata Kunci: Matematika, Pembelajaran Daring, Metode MNR