Abstrak


Pengaruh Fasilitas dan Tata Ruang Terhadap Minat Kunjung di Ruang Baca Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Avika Mega Pertiwi - K7516014 - Fak. KIP

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas terhadap minat kunjung mahasiswa di ruang baca program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS; (2) pengaruh tata ruang terhadap minat kunjung mahasiswa di ruang baca program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS dan (3) pengaruh fasilitas dan tata ruang secara bersama-sama terhadap minat kunjung mahasiswa di ruang baca program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS angkatan 2016-2018 sebanyak 223 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random samplingdengan 143 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitasterhadap minat kunjung mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan t_hitung 5,327 >t_tabel 1,97705; (2) terdapat pengaruh positif yang signifikantata ruangterhadapminat kunjung mahasiswa,hal ini dibuktikan dengan t_hitung 2,295 >t_tabel 1,97705; dan (3)terdapat pengaruh positif yang signifikanfasilitas dan tata ruang secara bersama-sama terhadapminat kunjung mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan F_hitung 24,354 >F_tabel 3,06 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakintinggi fasilitas dan tata ruang baca secara bersama-sama, maka semakin tinggi pula minat kunjung mahasiswa ke ruang baca.

Kata kunci: Fasilitas, Tata Ruang, Minat Kunjung