Abstrak


Peran Humas dalam Membangun Citra Positif SMK Batik 2 Surakarta


Oleh :
Leony Arum Dwi Putri - K7516044 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana peran humas dalam membangun citra positif di SMK Batik 2 Surakarta. (2) Mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dialami humas dalam membangun citra positif di SMK Batik 2 Surakarta, dan (3) Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan humas dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam membangun citra positif di SMK Batik 2 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah narasumber/informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan model analisis dokumen.
Hasil penelitian ini bahwa: (1) pelaksanaan peran humas dalam membangun citra positif SMK Batik 2 Surakarta meliputi peran humas sebagai komunikator (communicator), peran humas sebagai pembina hubungan (Relationship), peran humas sebagai back up management dan peran humas sebagai pembentuk citra (corporate image). (2) Hambatan humas yaitu humas tidak menguasai teknik penyampaian informasi atau promosi dengan baik, terbatasnya waktu yang dimiliki humas sehingga tidak dapat melayani publik eksternal secara optimal dan (3) Upaya mengatasi hambatan yaitu pembuatan agenda pada setiap pengurus humas agar pengurus humas dapat menjalankan dengan baik tugas sebagai humas dan peran sebagai guru.

Kata Kunci: Humas, Citra Positif, Sekolah Menengah Kejuruan.