Abstrak


Analisis Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 6 Surakarta


Oleh :
Yustika Dwi Kartikasari - K7516075 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui dan menganalisis proses penyiapan kerja siswa kelas XII,2) Untuk mengetahui dan menganalisis proses penyalurkan lulusan ke dunia kerja, dan 3) Untuk mengetahui dan menganalisis hambatan yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam proses penyiapan kerja serta penyaluran lulusan oleh program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 6 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdengan metode deskriptifkualitatif yang menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan snowball sampling. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XII, guru kejuruan, kepala bursa kerja khusus, dan alumni di program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji Validasi datapenelitian ini dengan menerapkan asas credibility yang meliputi triangulasi sumber dan teknik, transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Proses yang dilakukan oleh program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran untuk menyiapkan kerja siswa adalah melalui proses pembelajaran di kelas, pelaksanaan praktik kerja industri dan praktik kejuruan di lingkungan sekolah, serta penyediaan kelengkapan sarana prasarana, 2) Proses penyaluran lulusan berupa pendataan alumni, penyaluran ke dunia kerja, melakukan kerja sama dengan dunia industri dan penelusuran alumni dilaksanakan secara manual oleh pihak bursa kerja khusus, dan3) Terdapat beberapa kendala yang dialami dalam proses penyiapan kerja dan penyaluran kerja serta beberapa upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut.

Kata kunci: Kesiapan Kerja, Penyaluran Lulusan Ke Dunia Kerja.