Abstrak


Analisis Kriteria Jalan Hijau Pada Jalan Lokal Untuk Perkerasan Lentur Sekaresidenan Surakarta Dengan Metode Delphi ( Studi Kasus Jalan Lokal Se-Karesidenan Surakarta)


Oleh :
Alya Gilang Romadhona - I0116013 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Alya Gilang Romadhona, 2020, Analisis Kriteria Jalan Hijau pada Jalan Lokal untuk Perkerasan Lentur Sekaresidenan Surakarta dengan Metode Delphi, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Jalan merupakan sarana yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan atau pergerakan dari satu tempat ke tempat lainnya. Jalan memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian di suatu daerah dikarenakan jalan merupakan prasarana pendistribusian barang. Indonesia merupakan negara berkembang dengan pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. 

Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat khususnya Bidang Bina Marga se-Karesidenan Surakarta yang meliputi Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Boyolali, Klaten, dan Kota Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode Delphi dengan wawancara terhadap pemangku kebijakan dan pengelola jalan. Dalam penentuan kriteria didasarkan pada Pedoman Bahan Konstruksi bangunan & Rekayasa Sipil 01-2018-B. Dimana didalamnya terdapat 5 kategori meliputi Konservasi Lingkungan, Air dan Udara, Transportasi Masyarakat, Pelaksanaan Konstruksi, Material dan Sumber Daya Alam, serta Teknologi Perkerasan. Dengan jumlah total 89 kriteria.

Hasil dari penelitian ini adalah penentukan kriteria jalan hijau dari sebanyak 89 kriteria untuk perkerasan lentur didapatkan 47 kriteria telah mencapai konsensus menurut pengelola jalan dan pemangku kebijakan jalan lokal/daerah (Bina Marga).
Kata Kunci : Kriteria Jalan Hijau, Perkerasan Lentur, Jalan Lokal se-Karesidenan Surakarta